Teknologi Slot Expansion




Teknologi Slot Expansion

1. VGA Card

Video Graphics Adapter (VGA),berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

2. Sound Card

suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuki mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, Sound Card adalah perangkat wajib disetiap komputer.

sumber dari  http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

3. LAN Card

Lan Card merupakan penghubung antara system komputer dengan kinerja komputer lain atau bisa dikatakan Lan Card merupakan sinyal untuk saling berbagi antara komputer satu dengan komputer yang lain. system kerja Lan Card adalah menerima sinyal dari komputer lain dan mentransmisikan kedalam masukan kemudian diolah menjadi data begitupun sebaliknya saling berbagi. Lan Card dapat digunakan untuk menghubungkan system komputer dengan komputer lain melalui perantara HUB sehingga dalam area tsb membentuk jaringan komputer.
sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

4. Multimedia Card

Suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja untuk multimedia. sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

5. TV Card

adalah perangkat komputer yang bisa membuat komputer mampu memproses sinyal televisi untuk ditampilkan di layar monitor. Berfungsi ganda sebagai kartu penagkap gambar video sehingga komputer bisa merekam acara televisi kedalam harddisk atau media penyimpanan lain.
sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

6. FM Card

perangkat komputer yang bisa membuat komputer mampu memproses sinyal radio untuk menjadi suara karena spektrum gelombang radio menggunakan frekuensi.
sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

7. Game Card

kartu untuk bermain game.sumber dari http://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

8. Modem Card

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diteriama dengana baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut \”modem\” , seperti VSAT, Microwave Radio, dsb. namun umunya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

sumber darihttp://www.scribd.com/doc/44969443/Jawaban-Quiz-I

QUIS


Penjelasan tentang teknologi port I/O


1. COM (Comunication port)

Adalah alat yang menghubungkan dan mentransfer suatu informasi dari suatu komputer dengan perangkat lain.

2. Paralel

Adalah Salah satu jenis soket pada komputer pribadi untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti pencetakan model lama.

3. USB

Adalah suatu standar industri yang dikembangkan pada pertengahan 1990-an yang mendefinisikan kabel, konektor dan protokol yang digunakan untuk suplai koneksi, komunikasi dan kekuasaan antara komputer dan perangkat elektronik.

4. SCSI (Small Computer System Interface )

Adalah jenis port untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antara komputer dan periferal atau perangkat tambahan.

5. Infrared

Adalah spesifikasi fisik protokol komunikasi standar untuk pertukaran jangka pendek data melalui cahaya inframerah, untuk keperluan seperti jaringan wilayah pribadi (PANS).

6. Serial

Adalah kecepatan pada saat mengirim nya sangat lambat atau lemah.

7. HDMI (High-Definition Multimedia Interface)

Adalah salah satu peralatan audio atau video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri.

8. 1394 Port

Adalah standar interface serial bus untuk komunikasi berkecepatan tinggi dan isochronous real-time transfer data, sering digunakan oleh komputer pribadi, serta audio digital, video digital, otomotif, dan aplikasi aeronautika.
Sumber : www.wikipedia.com

Quiz


Penjelasan tentang teknologi komputer


1. Komputasi Awan

Komputasi awan atau Cloud computing merupakan jaringan komputer yang berbasis internet dalam sebuah ruang lingkup (environtment) , terdiri dari banyak pusat pengelolaan data center yang terdiri dari perangkat kecil yang disusun sedemikian rupa dalam jumlah besar untuk dapat diakses dengan teknologi internet.

2. Komputer Hijau

Komputasi hijau (bahasa inggris: green computing) adalah kajian dan praktik penggunaan sumber daya komputer secara efisien. Sasaran primer program-program tersebut adalah pencakupan TBL (triple bottom line: manusia, planet, laba), suatu pengembangan spektrum nilai dan kriteria untuk pengukuran kesuksesan organisasi. Sasarannya antara lain adalah untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energi selama umur produk, dan meningkatkan daur ulang serta biodegradasi bagi produk gagal dan limbah pabrik.
Sistem TI modern bergantung pada campuran rumit manusia, jaringan, serta perangkat keras. Karenanya, suatu prakarsa komputasi hijau harus bersifat sistematis dan ditujukan bagi masalah yang semakin rumit. Unsur-unsur dari solusinya dapat berupa kepuasan penggunaan akhir, restrukturisasi manajemen, kepatuhan terhadap regulasi, pembuangan limbah elektronik, telecommuting, virtualisasi sumber daya server, penggunaan energi, solusi thin client, serta ROI (return on investment).

3. Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum adalah bidang studi difokuskan pada teknologi komputer berkembang berdasarkan prinsip-prinsip teori kuantum , yang menjelaskan sifat dan perilaku energi dan materi pada kuantum (atom dan subatom) tingkat. Pengembangan komputer kuantum , jika praktis, akan menandai lompatan maju dalam kemampuan komputasi jauh lebih besar daripada yang dari sempoa ke modern superkomputer , dengan keuntungan kinerja di alam miliar kali lipat dan seterusnya. Komputer kuantum, mengikuti hukum fisika kuantum, akan memperoleh kekuatan pengolahan yang besar melalui kemampuan untuk berada di beberapa negara, dan untuk melakukan tugas-tugas menggunakan semua kemungkinan permutasi secara bersamaan. kini pusat penelitian di komputasi kuantum termasuk MIT, IBM, Oxford University, dan Los Alamos National Laboratory.

4. Komputasi Optik

Komputasi optik merupakan salah satu teknologi menggunakan cahaya untuk menghidupkan komputer dalam bahasa teknik dinamakan opto-elektronik. Jadi komputer tidak menerima arus listrik.
Cahaya jauh lebih cepat dibandingkan listrik. Jaringan serat optik yang menggunakan fiber glasssetipis rambut, bukan kawat tembaga, dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibanding jaringan konvensional. Meski demikian sinyal optik ini menjadi lemah saat harus diproses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip optik yang dapat beroperasi pada bandwith tinggi, sehingga mampu memindahkan film, game dan file multimedia.

5. Komputasi DNA

Arus listrik dapat dihasilkan melalui bioteknologi potensial. Bioteknologi bermanfaat untuk menumbuhkan kultur bakteri yang mampu menghasilkan arus listrik kecil ketika terkena cahaya. Oleh karena itu teknologi ini dapat digunakan untuk merepresentasikan sinyal digital on/off dalam dunia komputasi dan disebut biochip.
Secara sederhana sebuah rantai DNA sintetis yang bisa merepresentasikan informasi pada molekul dapat dimanipulasi menggunakan reaksi kimia agar dapat menandai dan memperpanjang rantai DNA. Contoh, sebagai pengganti biner, komputasi DNA memanipulasi empat asam (adenine, sytosine, guanine dan timin) untuk memproses angka dalam jumlah besar dan hal ini bersifat non-digital.

6. Komputasi Paralel

Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan , bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi) dll.

7. Komputasi Vektor

Komputasi vektor adalah salah satu bentuk komputasi yang menggunakan sistem gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel
http://wahyu_edy.students-blog.undip.ac.id/2009/06/17/komponen-pemroses-masa-depan/
http://my.opera.com/nduwun/blog/2011/05/27/komputasi-quantum
http://mahmudmaulanaibrahim.blogspot.co.id

0 Komentar