EKSPLORASI TENTANG SISTEM OPERASI



 SISTEM OPERASI



Tentang Sistem Operasi

 Sistem Operasi adalah jenis yang paling penting, dari perangkat lunak sistem dalam sisitem komputer. Tanpa sistem operasi , pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka. Macam – macam sistem operasi seperti : LINUX, UNIX, DOS, Mac OS, Windows Xp, Windows Vista, dan lain-lain.

1. LINUX 
Linux adalah sitem operasi semacam unix, linux diciptakan oleh Linus Torvalds. Linux sangat populer di lingkungan PC dan telah menjadi pesaing sistem windows semenjak dari tahun 1990-an. Sistem operasi ini tergolong ope source.
Kelebihan Linux .
1. Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara : kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system.
2. Virtual memory membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program – program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori.
3. Skalabilitas artinya linux bisa berjalan dari komputer 286 XT sampai dengan mesin sebesar Beowulf clusters dengan multi prosesor 16 buah.
4. Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia, jadi kalau ditemukan bug cepat untuk mendapatkan solusinya, bahkan dalam hitungan jam kalau ditemukan bug, workaround sudah tersedia untuk di download.
Kekurangan Linux .
1. Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.
2. Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.

2. UNIX 
Unix adalah sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai platform komputer, dari pc hingga mainframe.
Kelebihan Unix 
1. Portabilitas, sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain
2. Multiuser, sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa printer, disk, dll.
3. Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client pengembangan Java.
4. Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT.
5. Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis.
Kekurangan Unix . 
1. Visualisasinya tidak menarik.
2. Memori yang digunakan besar.
3. Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini.
4. Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
5. Lebih sulit mengoperasikannya dibandingkan Windows.

3. WINDOWS VISTA
Windows Vista di keluarkan oleh Microsoft setelah Microsoft sukses mengeluarkan Windows XP. Windows Vista adalah pengembangan lebih lanjut dari Windows XP. Pertama kali Windows Vista dikeluarkan pada tanggal 30 November 2006 hanya diperuntukan untuk kalangan bisnis dan untuk kalangan rumahan di luncurkan pada tanggal 30 Januari 2007.
Kelebihan Windows Vista. 
1. Lebih aman, lebih mudah dalam mengakses data
2. Bisa menjalankan video sebagai wallpaper.
3. Lebih cepat menjalankan program (tetapi harus dengan memori besar, karena system di vista dimutahirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi). Penjadwalan proses lebih baik, penanganan deadlock lebih baik, mendukung partisi hard disk secara virtualisasi
Kekurangan Windows Vista .
1. Fitur-fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
2. Bila spek computer minim akan terasa berat dan terlalu banyak tampilan yang seharusnya digunakan
3. Pemasaran win vista tidak begitu diminati user daripada win XP. Dikatakan produk gagal.

4. DOS ( Disk Operating System) 
DOS merupakan operasi yang awalnya dipakai pada lem PC (disebut PC-DOS) dan PC yang kompatibel dengan IBM PC (disebut MS-DOS) versi DOS yang pertama adalah berbentuk disket pada tahun 1982.
Kelebihan DOS .
DOS menampilkan program yang lebih "realistis" dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut).
Kekurangan DOS.
Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai contoh apabila menjalankan program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya.

5. WINDOWS Xp 
Windows XP merupakan salah satu system operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft. Pada tahun 2001 Microsoft memperkenalkan Windows XP. Karena banyak kelebihan yang menonjol dan sedikit memakan memory, win XP banyak diminati masyarakat, daripada win vista.
Keunggulan Windows Xp
1. Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet. 2. Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
3. Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
4. Tidak akan ada masalah antara software dan hardware.
Kekurangan Windows Xp 
1. Harga lisensinya cukup mahal
2. Rentan terhadap virus dan worm.
3. Sistem yang kurang stabil.
4. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi windows sebelumnnya.

6. Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasikomputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86
Kelebihan Mac Os. 
1. Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
2. Bisa mengenal file format windows.
3. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
4. Jarang terkena virus dan worm.
Kekurangan Mac Os 
1. Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal.
2. Hanya cocok untuk graphic designer.
3. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
4. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
5. Software di Mac OS tidak begitu lengkap.



@Herdi

0 Komentar