Contoh Penjelasan File Header

ASSALAMU’ALAIKUM WR WB 


Mungkin di blog saya sebelumnya  saya  sudah  sering ngeshare tentang  codingan – codingan mengenai system program penjualan,penyewaan dll.
Kali ini saya ingin sedikit berbagi ilmu yang sangat sederhana  tentang “FILE HEADER”.Dan penjelasan ini juga saya jelaskan sesuai dengan apa yang saya ketahui saja,Semoga bisa dimengerti.
 Langsung Saja ,Silahkan :

“FILE HEADER”




  •     Apa Sih Itu “File Header “??????????

Mungkin kita juga sering memperhatikan bahwa setiap program pasti akan diawali dengan file header ,secara singkat file header adalah pernyataan utama yang berfungsi untuk memanggil suatu perintah atau untuk menjalankan fungsi-fungsi yang terdapat pada file header itu sendiri.

  •    Apasih itu “#include”??????????

#include adalah suatu syntax  untuk memberitahukan kepada system bahwa kita akan mendeklarasikan nama header yang nanti akan kita gunakan .

  •    Apa Aja Sih Nama-nama File Header?????????
Secara luas nama-nama file header itu banyak sekali dan mempunyai kegunaan dan fungsi masing-masing ,yang mungkin saat ini juga  masih ada yang belum saya ketahui,disini saya hanya menjelaskan beberapa saja atau yang sering digunakan.Berikut contohnya :

1.       1. IOSTREAM
IOSTREAM adalah salah satu bagian dari File header yang digunakan untuk memanggil suatu fungsi yang berada pada Iostream tersebut ,Atau yang seperti Dosen saya jelaskan bahwa Iostream itu Bapa dari CIN,COUT,ENDL dan lain-lain,jadi saat kita memanggil fungsi tersebut harus menggunakan Iostream.

     PENJELASAN :
Ø  CIN
CIN atau Karakter Input, digunakan untuk memasukan suatu perintah yang sudah kita tentukan.
Ø  COUT
COUT atau Karakter Output,digunakan untuk menampilkan suatu data atau perintah yang sudah kita deklarasikan.
Ø  ENDL
ENDL di gunakan untuk melakukan garis baru pada suatu program.


2.       2. STDIO
STDIO adalah salah satu bagian dari File header yang digunakan untuk memanggil suatu fungsi yang berada pada Stdio tersebut ,Atau yang seperti Dosen saya jelaskan bahwa stdio itu Bapa dari GETS,PRINTF,SCANF dan lain-lain,jadi saat kita memanggil fungsi tersebut harus menggunakan Stdio.

     PENJELASAN :
Ø  GETS
Penggunaan gets sama seperti CIN untuk memasukan/input suatu perintah,yang membedakan hanya GETS bisa menggunakan spasi,jadi bisa membaca lebih dari satu kalimat.
Ø  PRINTF
PRINT digunakan untuk menampilkan/output suatu data yang kita akan panggil.
Ø  SCANF
SCANF digunakan untuk membaca atau menginputkan suatu data.


3.       3. CONIO
CONIO adalah salah satu bagian dari File header yang digunakan untuk memanggil suatu fungsi yang berada pada Conio tersebut ,Atau yang seperti Dosen saya jelaskan bahwa Conio itu Bapa dari GETCH,CLRSCR  dan lain-lain,jadi saat kita memanggil fungsi tersebut harus menggunakan Conio.

     PENJELASAN :
Ø  GETCH
GETCH Digunakan Untuk menahan/menghentikan suatu proses yang sedang berjalan
Ø  CLRSCR
CLRSCR Digunakan untuk membersikan layar sebelumnya


4.       4. IOMANIP
IOMANIP adalah salah satu bagian dari File header yang digunakan untuk memanggil suatu fungsi yang berada pada Iomanip tersebut ,Atau yang seperti Dosen saya jelaskan bahwa Iomanip itu Bapa dari SETIOSFLAGS,SETW  dan lain-lain,jadi saat kita memanggil fungsi tersebut harus menggunakan Iomanip.

     PENJELASAN :
Ø  SETIOSFLAGS
SETIOSFLAGS Digunakan Untuk Mengatur kolom keluaran agar berada pada rata kiri atau rata kanan
Ø  SETW
SETW Digunakan untuk mengatur tampilan kolom agar lebih rapih


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Sekian penjelasan singkat dari saya tentang “FILE HEADER”,Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.
NB:JIKA MASIH ADA YANG BELUM BISA DIMENGERTI,BISA TULIS DI KOLOM KOMENTAR , INSYAALLAH AKAN DI BANTU.
Terima kasih.



WA’ALAIKUM SALAM WR WB

0 Komentar