JARINGAN KOMPUTER



JARINGAN KOMPUTER


Assalamualaikum Wr,Wb



  Saya akan mengeksplorasi materi tentang jaringan computer yang saya baca di buku maupun internet,ini menurut hasil pemahaman saya sendiri tentang analisis perbedaan topologi jaringan dan perbedaan antara fungsi Perangkat jaringan seperti : HUB,Switch,Router Dan Repeater.

Sebelum itu saya akan membahas tentang jaringan computer  yang di terbagi menjadi 3 yaitu :

LAN (local area Network)
          Yang saya ketahui LAN merupakan sesuatu jaringan yang menghubungkan suatu komunikasi data yang di tempatkan di suatu lokasi seperti:gedung , dan sekolahan.
 Contoh Gambar ;

Hasil gambar untuk local area network (lan)



MAN (Metrupolitan area Network)
          Yang saya ketahui MAN merupakan suatu jaringan antar kota,kecepatan dari MAN ini cukup tinggi  seperti: Man bagus untuk membuat jaringan antar kota.
 Contoh Gambar ;

Hasil gambar untuk metropolitan area network

WAN (Wide area Networki)
          Yang saya ketahui WAN suatu jaringan yang sangat besar seprti antar negara
Topologi yang saya tau.
 Contoh Gambar ;






   Analisis perbedaan topologi jaringan ;

Topologi Bintang
Menurut saya topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari mode tengah kesetiap node atau penggunaan.topologi  jaringan bintang termasuk dengan biaya menengah

Hasil gambar untuk topologi bintang

Topologi Cincin
Topologi cicin menurut yang saya tau berbentuk rangkaian yang masing-masing terhubung ke dua titik lain nya sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin,topologi cincin komunikasi dapat tergantung jika satu titik mengalami ganguan jaringan.

Hasil gambar untuk topologi cincin

Topologi BUS
Topologi bus yang saya tau  merupakan topologi yang banyak di pergunakan pada masa penggunaan kabel spesipikasi menjalur.

Hasil gambar untuk topologi bus

Topologi MESH
Topologi Mesh yang saya tau suatu bentuk hubungan antara perangkat  dimana setiap perangkat terhubung ssecara langsung ke perangkat lain nya yang ada di dalam jaringan.

Hasil gambar untuk topologi mesh



   Analisis perbedaan dan fungsi perangkat jaringan ;

 HUB
     HUB yang saya ketahui adalah alat penghubung antar computer ,semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub,hub di guakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (missal nya hanya untuk menyambungkan beberapa computer disatu group)ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub maka akan tersalin ke port lain nya di hub yang sama dan semua computer  yangter sambung  di hub hub yang sama dapat membaca paket tersebut.tapi hub mempunyai kecepatan yang kurang bagus hanya 100 Mbps.
Fungsi Hub adalah mengirimkan sinyal paket data  telah di terima olh computer tujuan
Dan harga Hub 16 port sekitar Rp.290.000 kurang lebih nya segitu.



Switch
     Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer)dan ada yang layer 3 (Neywork Layer) maksud nya switch pada saat pengiriman data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan di terima.
Fungsi nya Switch adalah semacam alat yang dapat menyaring /filter dan melewatkan paket yang ada di sebuah LAN.dan juga

Jaringan Komputer


Router
     Router sebuah alat yang di gunakan bersama jaringan data paket.Router terhubung dengan dua jaringan umum nya dua LAN atau WAN dan Jaringan ISP.
Fungsi nya router yang tersedia sekarang ini dapat di bagi menjadi dua kelompok yaitu Router ADSL/Cabel Router 3G ,sesuai namanya  router ADSL/Cabel dapat di gunakan untuk kedua modem tersebut sedangkan  router 3G hanya di gunakan untuk modem 3G.

Jaringan Komputer


Repeater
     Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).
Fungsi Repeater Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar)
Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar)
Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server

Jaringan Komputer

Sumber ;
http://armont-yes.blogspot.co.id/
http://teknodaily.com/


Wassalamualaikum Wr Wb 

0 Komentar